Bukit Kapur Di Sumatera Utara

reza 12.12.00

Bukit Kapur TInggi Raja 

Kalau Jawa Barat mempunyai Kawah Putih di daerah Ciwidey, ternyata Sumatera Utara juga punya wisata alam kawah putih. Masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan Bukit Kapur Tinggi Raja di Simalungun.

Sumatera Utara tidak hanya terlihat eksotis dengan keindahan Danau Tobanya. Tetapi, masih banyak lagi potensi wisata alam yang tersedia untuk dieksplore lebih jauh lagi.

Lokasi kawah putih ini terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, yang berada di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Berada di tengah-tengah kawasan hutan lindung, terdapat pesona bukit kapur seputih salju dengan danau air panas berwarna biru kehijauan.



Untuk mencapai lokasi Bukit Kapur, dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 80-90 Km dari Kota Medan, atau sekitar 3-4 jam dengan menggunakan sepeda motor dan tergantung kecepatan. Ada beberapa rute yang dapat dilalui untuk menuju lokasi ini, antara lain Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok, Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja, dan Medan-Lubuk Pakam-Galang-Bangun Purba-Dolok Tinggi Raja,

Sangat disarankan untuk memilih rute yang terakhir, karena jarak tempuh yang cukup dekat dan kondisi jalan 80% mulus. Ketika memasuki wilayah Tinggi Raja, tepatnya 8 KM sebelum sampai di lokasi Bukit Kapur, jalan yang sebelumnya beraspal mulus kini berganti dengan kondisi jalan yang berbatu.

Kontur tanah berbukit, sehingga sangat diperlukan kehati-hatian dalam mengendarai kendaraan, terutama jika cuaca sedang hujan. Karena, jalan berbatu akan bercampur dengan tanah yang menjadikan jalan semakin licin.

Danau Belerang

Pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000. Sekitar 6 KM sebelum sampai lokasi, saya menemukan pungutan liar yang tidak berizin yang katanya untuk sumbangan sukarela. Tidak jelas dalam bentuk apa nantinya pungutan liar ini akan dipergunakan, semoga saja untuk perbaikan jalan menuju Bukit Kapur.

Jika ingin mengunjungi Bukit Kapur di Tinggi Raja, sangat disarankan untuk datang di hari biasa. Sebab, jika datang pas saat akhir pekan atau musim liburan, lokasi ini menjadi sangat ramai. Sehingga tidak leluasa untuk mengabadikan momen di Bukit Kapur Tinggi Raja menggunakan jepretan kamera.

Pecinta Alam


Untuk saat ini, lokasi wisata Bukit Kapur Tinggi Raja masih sangat minim fasilitas. Seperti masih sulitnya ditemukan toilet, musala, serta lokasi parkir yang tidak dikelola dengan baik. Tarif parkir untuk sepeda motor dikenakan biaya Rp 5.000 untuk setiap motornya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
28 Januari 2015 pukul 19.26 delete

di kampung sendiri aku malah ga tau tempat wisata sekeren ini -__-.

Reply
avatar
28 Januari 2015 pukul 20.04 delete

Lah emang kampungnya dimananya?

Reply
avatar
12 Februari 2015 pukul 13.50 delete

mantaps bgt dah, jadi pengen kesana juga

Reply
avatar
30 April 2016 pukul 09.49 delete

Wah, ada juga yang seperti Kawah Putih di Sumatra. Semoga tempat wisata ini bisa dikelola dengan baik ya.

Reply
avatar
2 Mei 2016 pukul 18.13 delete

kabarnya sih sekarang tempatnya udah di kelola dengan baik

Reply
avatar
9 Juni 2016 pukul 22.44 delete

Wah keren yah, mirip banget sama di Ciwidey :-)

Reply
avatar
17 November 2020 pukul 19.27 delete

Bismillah,Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa...

Kami menjual aneka kapur untuk pertanian :
- Kaptan / Kapur Pertanian
- Kapur Dolomite
- Kapur Cao / Kalsium Oksida.
- Kapur CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
- Kapur CaCo3 / Kalsium Karbonat
- Zeolite
Bisa berupa tepung atau bisa juga granule.

Untuk informasi produk dan pemesanan Silahkan hubungi Bpk Asep :
081281774186
085793333234

Silahkan simpan nomor dan hubungi jika sewaktu waktu membutuhkan.

Reply
avatar