Wisata Sejarah Museum Nasional Jakarta

reza 12.00.00

Museum Nasional

Cerita jalan-jalan kali ini gue berkunjung Museum Nasional Jakarta atau biasa disebut dengan Museum Gajah. Tepatnya 10 Agustus 2014 bersama teman-teman Jalan Pendaki yang gagal naik gunung karena "fakir cuti" kami memutuskan untuk wisata sejarah. Meeting point di Stasiun Gondangdia pukul 10.30 pagi.

Dari Stasiun Gondangdia menuju Museum Nasional, kami menggunakan kendaraan khas Ibu Kota Jakarta "Bajaj". So exited guys!! Ini pertama kalinya gue naik kendaraan roda tiga di Jakarta.



Museum ini merupakan museum terbesar pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Lokasi Museum Nasional ini terletak di Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Persis diseberang halte transJakarta Monas. Tiket masuk yang dikenakan untuk dewasa sebesar Rp. 5.000,- per orang.

Museum Nasional (Tampak Depan) 

Museum Gajah atau Museum Nasional ini banyak mengoleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara. Antara lain yang termasuk koleksi adalah arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya dan barang-barang kerajinan. Koleksi-koleksi tersebut dikategorisasikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarahkeramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, dan benda berharga.

Berdasarkan informasi yang gue dapat, Museum Nasional bekerja sama dengan Indonesian Heritage Society, yaitu organisasi nonprofit yang membantu Museum Nasional dalam hal pemanduan (guidance) wisatawan asing dalam bahasa non Inggris.

Patung Budha

Koleksi Museum

Koleksi Museum

Berkunjung dan belajar mengenai kekayaan sejarah Indonesia dan dunia adalah pengalaman yang sangat berharga dan menarik. Mungkin setelah keluar dari museum ini, setiap pengunjung yang datang akan menyadari bahwa kehidupan kita saat ini merupakan bagian dari kumpulan sejarah benda-benda yang dilihat di dalam museum.

Travel Mates


Waktu Kunjungan

Senin dan hari besar nasional : Tutup

Selasa - Jum'at : 08.00 - 16.00

Sabtu - Minggu : 08.00 - 17.00

Tiket Masuk

1. Pengunjung Perorangan : 

a. Dewasa : Rp 5.000,-  

b. Anak-anak : Rp 2.000,-

2. Pengunjung Rombongan (minimum 20 orang)

a. Dewasa : Rp 3.000,-  

b. Anak-anak (TK s.d. SMA) Rp 1.000,-

3. Pengunjung Asing Rp 10.000,- 


English tours - setiap hari sabtu kedua dan sabtu terakhir setiap bulan.

French tours - pukul 9:30 WIB setiap hari Rabu ketiga setiap bulan.

Korean tours - pukul 9:30 WIB setiap hari Selasa pertama dan Sabtu ketiga setiap bulan.

Japanese tours - pukul 9:30 WIB setiap hari Selasa dan Sabtu pertama setiap bulan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
14 Oktober 2014 pukul 21.50 delete

Wah seru itu belajar sejarah sambil bermain dan nongkrong bareng teman.

Reply
avatar
15 Oktober 2014 pukul 01.07 delete

tempatnya asik, ga cuma buat belajar sejarah dan nongkrong doang tapi yang hobi poto-poto bisa juga menyalurkan bakatnya disini

Reply
avatar